Serap Aspirasi Warga, Anggota DPRD SBT Samad Rumakabis Gelar Reses

 

Bula, dprd-serambagiantimur.go.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), saat ini sedang melaksanakan reses masa sidang I Tahun 2019/2020, tentunya hal ini ditujukan untuk menjaring aspirasi masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Samad Rumakabis pada Senin (30/12/2019) melaksanakan reses di Desa Suru sekaligus melakukan kunjungan di beberapa desa diantaranya Desa Liantasik Kecamatan Siritaun Wida Timur dan Negeri Kian Kecamatan Kiandarat guna melihat kondisi perkembangan di desa setempat.

Dihadapan masyarakat, Rumakabis yang juga selaku Wakil Ketua Komisi C DPRD SBT ini mengatakan masa reses merupakan masa penting yang sejatinya secara fungsional sebagai media menjaring aspirasi masyarakat.

“Reses ini merupakan kewajiban bagi anggota DPRD. Setiap masa sidang reses, anggota dewan turun ke daerah pemilihannya untuk bertemu konstituen, menjaring informasi, menghimpun seluruhnya untuk kemudian disalurkan,” ucap politisi muda PAN SBT tersebut.

Politisi Partai PAN ini menjabarkan, dari suara-suara masyarakat yang berhasil dihimpun melalui reses tersebut akan direkap dan dibuat laporan kemudian diteruskan kepada pimpinan di dewan.

“Selanjutnya kita akan teruskan ke Pemerintah SBT yang kemudian diteruskan pada OPD terkait,” ujarnya.

Rumakabis berharap apa yang menjadi usulan masing masing perwakilan desa dapat disampaikan kembali kepada masing masing kepala desa atau lurah yang kemudian dibahas pada musrenbang tingkat desa, kecamatan, tingkat kabupaten hingga tingkat Provinsi.

“InsyaAllah, semua usulan ini akan kami kawal dan mudah mudahan bisa terakomodir semuanya,” imbuhnya.

Dari pertemuan reses tersebut masyarakat mengeluh persoalan tidak ada petugas Pustu Desa Aruan, meminta penambahan tenaga guru PNS dan Kontrak di Kecamatan siritaun wida Timur, mempercepatkan pemilihan Kades 2020, serta beberapa masukan lainya yang akan di perjuangkan di dewan.

Mendengar masukan dan persoalan tersebut Rumakabis siap menyuarakan di DPRD SBT lewat sidang DPRD dan akan di teruskan kepada Pemerintah Daerah.

“Tolong manfaatkan beta (saya) sebagai Anggota DPRD beta terima kasih kepada beta punya pendukung beta sebagai wakil raykat akan liat kamong (melihat) samua keluhan ini. Insya Allah saya akan melihat dan mengawal seluruh keluhan masyarakat saat ini,” tutur Rumakabis.

Pantauan di lapangan, ratusan warga dari berbagai desa yakni di Kecamatan Siritaun Wida Timur memadati ruangan tempat pertemuan tersebut, serta di hadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda, tokoh perempuan serta ratusan masyarakat.**

Penulis : Baim Rumadaul

Editor : Danda