Wakil Bupati Melepaskan Ratusan Calon Jamaah Haji SBT

Sambutan Wakil Bupati Fachri Husni Alkatiry, Lc M., Si pada acara pelepasan haji 2018.**Im Foto

Bula, dprd-serambagiantimur.co.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) melaksanakan acara pelepasan Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten SBT tahun 2018 dalam pelepasan JCH tesebut secara resmi dipimpin langsung Wakil Bupati Fachri Husni Alkatiry, Lc., M. Si berlangsung hidmat di Gedung Serbaguna Dinas Kesehatan, Jumat (19/07/2018).

Hadir dalam kegiatan tersebut Pimpinan dan Anggota DPRD, Kapolres SBT, Perwira Penghubung Kodim 1502 Masohi, Sekda SBT, Kepala Kemenag SBT, Staf ahli bupati dan astitsen sekda, Pimpinan OPD lingkup pemda SBT, Tokoh agama serta Tokoh masyarakat.

Dalam sambutanya Wakil Bupati menyampaikan Tahun 2018 merupakan tahun kepeminpinan mereka dan tahun ke sembilan bagi Kabupaten SBT untuk dapat memberangkatkan 101 orang jamaah haji asal Kabupaten SBT untuk  menunaikan ibadah haji ketanah suci makkah almukaramah.

Hal tersebut diungkapkan sesuai kouta yang di tetapkan Gubernur Maluku tentang  calon jamaah haji Kabupaten/kota Provinsi Maluku tahun 2018.

“Saya memberikan apresiasi positif atas semua pihak yang terlibat langsung dalam pelayanan penyelenggaraan jamaah haji Kabupaten SBT terutama panitia penyelenggara ibadah haji musim haji 1439 hijriah 2018 serta pihak kantor kementrian agama Kabupaten SBT yang secara teknis menangani pelayanan haji di maksud sejak dari pelayanan administrasi pendaftaran sampai dengan acara pelepasan hari ini kedua,” kata Alkatiry dalam sambutanya.

Lanjut Alkatiry, Selaku wakil bupati saya menyampaikan ucapan terimaksih yang sungguh kepala DPRD Kabupaten SBT yang telah menyetujui dan menetapkan khusus subsidi para jama haji kabupaten SBT tahun 2018.

“Keseluruhan ini merupakan sebuah langkah maju dalam proses daerah Ita Wotu Nusa bahkan menjadi indikator semakin menbaiknya pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah yang berbasis pada kesehjtraan masyarakat,” ungkap Alkatiry.

Di tempat yang sama Kepala Kementrian Agama Kabupaten SBT, H.M Yasir Rumadaul dalam laporanya mengatakan Calon jamaah haji yang terdapat sampai pada bulan juni 2018 di Kabupaten SBT 1.871 orang dan yang sudah melaksanakan 837 orang sehingga terdaftar penungguh untuk calon haji SBT sampai dengan tahun 2029 kuota jamaah haji berdasarkan keputusan gubernur nomor 72  tahun 2018 untuk kabupaten SBT mendapatkan kuota 100 orang.

Dikatakan Rumadaul, Calon jamaah haji SBT akan tergabung dalam kloter 11 dan berdasarkan jenis kelamin untuk calon jamaah haji Kabupaten SBT maju lagi 52 perempuan 48 orang pendafran berdasarkan kecamatan.

Dalam laporanya Rumadaul menyebutkan kecamatan Bula Sebanyak 57 orang Bula barat 2 orang Seram Timur 13 orang Pulau Gorom 9 orang Gorom Timur 3 orang Werinama 3  orang Wakatei 3 orang Kiandarat 3 orang dan Kilmuri 1 orang sementara berdasarkan tingkat pendidikan SD 59 Orang SLTP 10 orang SLTA 16 orang D2 5 orang S1 10 orang dan S2 2 orang.

Rumadaul juga menambahkan jamaah haji kabupaten SBT termasuk dalam kloter 11 tergabung dengan calon jama haji Maluku Tenggah Kota Tual dan SBB

keberangkatan calon jamaah haji SBT di berangkatkan pada tanggal 21 dan 22 menuju Ambon dari Ambon menuju emberkasi Makassar tanggal 22 dan 23 dengan pesawat garuda air dari makassar menuju madinah .

Sementara pemulangan jamaah haji kabupaten SBT dari jedah menuju makassar tanggal 4 september dengan pesawat garuda 1471 calon jamaah haji SBT dari makassar menuju ambon tanggal 6 september 2018 dan insyaallah mereka kembali ke kota bula Kabupaten SBT pada tanggal 8 dan tanggal 9 september nantinya.**