Wadjo Mengimbau Gunakan Angkutan Resmi Yang Disediakan Pemda 

Foto Istimewah : Bahrum Wadjo

Bula, dprd-serambagiantimur.go.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Bahrum Wadjo mengimbau masyarakat yang mudik pada Lebaran 1439 hijriyah untuk bisa tetap menggunakan angkutan resmi.

“Demi keamanan, keselamatan, dan kenyamanan, masyarakat diharapkan teliti dalam memilih angkutan mudik, terutama untuk angkutan darat, jangan sampai naik angkutan liar atau tidak resmi,” kata anggota Komisi C DPRD SBT ini, saat di hubungi Kamis, (30/05/2018).

Jelang Lebaran biasanya banyak kendaraan angkutan penumpang yang munculnya secara dadakan dan mereka bisa dipastikan tidak memiliki izin resmi dari pemerintah.

Kendaraan angkutan mudik yang tidak berizin tentunya sangat membahayakan penumpang, sebab rawan terjadi tindak kejahatan, dan jika terjadi kecelakaan luka, cacat atau hingga meninggal korbannya tidak akan mendapatkan santunan dari Jasa Raharja.

Berbeda dengan angkutan penumpang yang resmi atau berizin, kata Wadjo, keberadaan mereka akan selalu dipantau oleh pemerintah.

Politisi Demokrat ini juga meminta Dinas Perhubungan (Dishub) setempat aktif melakukan pemeriksaan kendaraan angkutan penumpang mudik lebaran sehingga bisa dipastikan angkutan tersebut sudah memenuhi syarat atau layak beroperasi.

Selain itu harus di lakukan pemeriksaan terhadap kesehatan sopir, apakah betul-betul sehat atau adanya dugaan indikasi pemakaian obat-obatan terlarang. Sebab kesehatan sopir sangat penting bagi penumpang mudik antar daerah.

“Kami hanya tidak ingin kendaraan angkutan penumpang mudik lebaran beserta sopirnya dalam keadaan tidak sehat dan tidak stabil, sebab akan mengakibatkan bahaya bagi penumpang mudik Lebaran,” katanya.

Untuk itu, Ia meminta Dishub Kabupaten SBT terus mengontrol dan membantu para pemudik Lebaran, baik melalui jalur darat hingga pengaturan arus mudik.

Legislator Kabupaten SBT ini juga mengapresiasi langkah Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Perhubungan yang memfasilitasi mudik gratis bagi para pemudik.

“Mudik gratis yang digelar Pemda melalui Dinas Perhubungan patut didukung demi mengurangi angka kecelakaan di jalan. Beta (Saya) sangat mendukung, bangga dan bersyukur yang seprti ini atas dilakukan mudik gratis bagi masyarakat kita guna membantu masyarakat. Sukses kepada Bupati dan Wakil Bupati,” ungkap Wadjo.

Untuk mudik kali ini, Dishub SBT sediakan sejumlah transportasi gratis seperti bus, angkutan sewa, dan kapal penyeberangan diantaranya Km Fajar Baru, Km Alis Mulia, KMP Bobot Masiwang.

Wadjo mengimbau para pemudik untuk mengikuti program mudik gratis yang disediakan pemerintah daerah demi keselamatan.

“Kita apresiasi langkah Dishub memfasilitasi program mudik gratis. Tentu banyak manfaat yang didapat, selain tidak capek kalau bawa motor, juga keselamatan lebih terjamin,” tutup Wadjo.**