Terkait Status Kecamatan Ukar Sengan DPRD SBT Melakukan Konsultasi dengan Kemendagri

Foto Istimewa DPRD SBT.**

JAKARTA, DPRD-SERAMBAGIANTIMUR.GO.ID –  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Noaf Rumau, bersama sejumlah wakil rakyat asal SBT menggelar pertemuan bersama Dirjen Bina Administratif Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia di Jakarta pada Jumat (21/02/2020).

Salah satu Anggota DPRD SBT Hasan Day saat dikonfirmasi media ini mengatakan, pertemuan tersebut dalam rangka melakukan konsultasi dan koordinasi terkait status dan kode Wilayah Kecamatan Ukar Sengan Kabupaten SBT, Provinsi Maluku.

“Hari ini kami melakukan pertemuan di Ruang Dirjen Adminstrasi kewilayaan Kemendagri RI di Jakarta. Dalam rangka konsultasi dan koordinasi soal kode wilayah Kecamatan Ukar Senga,” kata Day.

Politisi asal PKS Kabupaten SBT menuturkan Hal konsultasi yang di lakukan ternyata selama ini Kecamatan Ukar Sengan di Kabupaten SBT belum terdaftar secara resmi di Kementerian Dalam Negeri RI.

“Dan ini adalah kelelaian Pemerintah Daerah. Sebab, tidak ada pengawalan serius soal Peraturan Daerah (Perda) yang dibuat,” ungkap Day.

Selain itu, dirinya merasa kesal atas perlakuan Pemda SBT terhadap masyarakat Kecamatan Ukar Sengan. Menurutnya, selama ini masyarakat setempat hanya diberikan harapan palsu.

“Sebagai wakil rakyat, saya sangat merasa kesal,” ucap Hasan, dengan penuh kekesalan.

Atas dasar itu, Direkrorat Kasubdin Kecamatan Edi Chyono dan kepala Subdit Kode Wilayah Dirjen Adminstrasi Kewilayahan menjelaskan,  kode wilayah Kecamatan Ukar Sengan itu belum diproses. Karena Adminstrasi soal kecematannya belum siap.

“Seperti batas-batas wilayah antara Ukar Sengan dan Siritaun Widatimur. Tambah pula peta Kecamatan dan desa-desa juga  masi ada kesalahan” ucap Direkrorat Kasubdin Kecamatan Edi Chyono yang disampaikan Hasan.

Demi kebutuhan masyarakat dan kemajuan Negeri Ukar Sengan di SBT kata Chyono, kami sarankan untuk segera Perda pengusulan Kecamatan Ukar Sengan segera direvisi. “Dan semua Adminstrasi harus dilengkapi” harap Chyono.

Untuk diketahui, kunjungan tersebut dipimpin langsung ketua DPRD SBT Noaf Rumau, Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Husein Rumadan, Sekretaris Fraksi PKS, Hasan Day, dan Staf Protokoler DPRD Iwan Day.**