STKIP Ita Wotu Nusa Studi Biologi Gelar Pemilihan Pemimpin Baru

Proses Pemilihan Ketua HMPS Pendidikan Biologi pada STKIP Ita Wotu Nusa, Kabupaten SBT.*Foto/Im
Jamal Kusa Ketua Panitia Kegiatan.**Foto/Im

Bula, dprd-serambagiantimur.go.id   – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Biologi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Ita Wotu Nusa Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), melakukan pemilihan ketua umum HMPS Periode 2019-2020.

Acara pemilihan berlangsung sejak pukul 10:30 sampai 14:00 WIT di  ruang studi biologi STKIP Ita Wotu Nusa, Minggu (23/6/2019) dan dibuka langsung oleh Perwakilan Kemahasiswaan, Rizal Toyo dan dihadiri oleh perwakilan BEM, perwakilan senior HMPS Pendidikan Biologi serta mahasiswa jurusan pendidikan biologi.

Pantauan media ini Pemilihan di ikuti 3 calon kandidat ketua umum kali ini, Mustaria Rumoga, Udin Latif Kilbaren, dan Lagasa Rumalean dengan 34 DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang mewakili setiap kelas di HMPS Pendidikan Biologi.

Rizal Toyo Bidang Kemahasiswaan pasa STKIP Ita Wotu Nusa.**Foto/Im

Ketua panitia kegiatan Jamal Kusa saat di wawancarai wartawan media ini menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan pembentukan dari pemilihan calon Himpunan Mahasiswa Biologi. Dirinya selaku ketua panitia mengapresiasi terhadap kegiatan tersebut, terutama kepada para mahasiswa yang sudah memberikan lowongan dan masukan kepada kami sehingga kekompakan dari pada apa yang sudah kami bicarakan dengan pihak lembaga dan disetujui kegiatan dimaksud.

“Ini adalah kegiatan HMPS Pendidikan Biologi, dan kami sengaja hadirkan perwakilan dosen untuk menyampaikan arahan sekaligus membuka kegiatan dan dilanjutkan dengan pembacaan visi dan misi serta pemilihan yang akan dilangsungkan saat ini juga,” kata Jamal yang juga aktivis GMNI SBT itu.

Sementara itu Rizal Toyo Perwakilan Kemahasiswaan saat membuka kegiatan menyampaikan, Perjalanan kampus sudah cukup sedikit lama dan di tahun ini mahasiswa karena sudah sadar bahwa persaingan antara mahasiswa yang cukup ketat, salah satunya adalah persaingan dalam hal berorganisasi sehingga mahasiswa jurusan biologi mampu melakukan langkah pertama untuk melakuian pemilihan agar ada rotasi kepemimpinan di dalam kampus terutama di jurusan biologi.

“Pemilihan adalah musyawarah kegiatan yang paling sakral dan yang paling di butuhkan adalah faktor proses, jadi proses pemilihan ini harus berjalan dengan baik,” kata Toyo disela-sela kegiatan berlangsung.

Dalam kesempatan tersebut Toyo juga berpesan, hari ini semua rakyat indonesia menginginkan bukti dari namanya identitas mahasiswa, sehingga mahasiswa dituntut harus mampu melakukan pesta demokrasi walaupun di dalam kampus tapi hal tersebut menjadi modal kedepanya.

“Kami sampaikan apresiasi dan ucapkan selamat dan tentunya kami dari pihak kampus telah mensuport penuh,” tutur Toyo mengapresiasi.

Hal senada juga di sampaikan Jakaria Rumodar senior HMPS pendidikan biologi angkatan kedua mengatakan, Sebagai senior dalam studi biologi mengapresiasi kegiatan yang di lakukan dapat memberikan pencerahan dan modal utama menuju HMPS Pendidikan Biologi di STKIP Ita Wotu Nusa yang lebih baik lagi kedepanya.

Dikatakan Jakaria, kegiatan yang dilaksanakan merupakan agenda tahunan guna menciptakan regenerasi baru khususnya yang berjuang di program studi biologi di Kampus STKIP Ita Wotu Nusa.

Pemilihan ketua umum HMPS Pendidikan Biologi menghasilkan kemenangan suara mutlak untuk Lagasa Rumalean 19 suara, Udin Latif Kilbaren 9 suara, dan Mustaria Rumoga 5 suara. Dengan hasil tersebut maka Lagasa Rumalean berhak menjadi ketua HMPS Pendidikan Biologi pada STKIP Ita Wotu Nusa satu periode kedepan.

Suasana Pemilihan berlangsug dengan aman.**

Lagasa Rumalean, usai terpilih menjadi ketua HMPS Pendidikan Biologi Periode 2019-2020 kepada media ini mengungkapkan misi yang sudah di presentasi sebelumnya, diantaranya menjalankan apa yang suda menjadi visi dan misi.

“Saya sudah berjanji dan saya juga menjawab janji tersebut dan program yang sudah saya cantumkan dalam visi dan misi saya akan saya jalankan. Misalnya menjaga lingkungan kampus dan menjawab apa yang menjadi bakat setiap mahasiswa di program studi biologi,” kata Lagasa Rumalean ketua HMPS Pendidikan Biologi terpilih.

Pemilihan yang berlangsung aman, tentram dan sukses mendapat pujian dari Perwakilan Kemahasiswaan.**

Penulis : Baim Rumadaul

Editor : Danda