Sekda SBT Jadi Inspektur Upacara Hardiknas 2019

Bula, dprd-serambagiantimur.go.id – Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ke 111 Tahun 2019 di Halaman Depan SMA Negeri 1 Bula, Kamis (2/5/2019).

Upacara ini dihadiri Forkopimda, para Kepala OPD, para Kepala Sekolah, serta para tenaga pendidik dan Kependidikan di Kabupaten SBT.

Dalam pidato seragam Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten SBT Syarif Makmur menyampaikan bahwa tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.” Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

“Dalam perspektif Kemendikbud pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja. Dalam pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, di era digital dan pesatnya teknologi, Anak-anak lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan: keluarga, sekolah, dan masyarakat.

“Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif,” katanya.

Tak lupa Mendikbud juga menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri, terutama kepada pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang yang tak lelah memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi sekitarnya.

Selain itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten SBT, Achmat Rumaratu, saat di konfirmasi media ini berharap Hardiknas yang diperingati setiap tahun menjadi momentum menanamkan nilai-nilai kearifan lokal dan kualitas tenaga pendidik sebagai bagian dari peningkatan pendidikan nasional.

“Kalau kita berbicara dengan peningkatan pendidikan, itu terdapat beberapa indikator, diantaranya, potensi dan profesionalisme tenaga pendidiknya, sarana prasarana pebdukung, dan yang tidak kalah pentingnya adalah kurikulum,” jelas Rumaratu.

Menurutnya, pada intinya harus berjalan dengan kondisi yang optimis dan hal itu diwujudkan dalam berbagai terobosan pendidikan.

“Yang kita lakukan saat ini khususnya dari segi pendidikan karakter yang diberikan kepada anak didik serta selalu memberikan pelatihan kepada guru,”terang Rumaratu.

Ia mengakui proses pendidikan secara umum belum sangat baik, tetapi pihaknya sudah menggunakan standar nasional yang diterapkan saat ini.(*)