Rumau Resmi Tutup MTQ Ke-10, Pulau Gorom Sabet Juara Umum

Bula, dprdserambagiantimur.go.id — Gelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten ke-10 yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Tilawah Qur’an (LPTQ) Kabupaten Seram Bagian Timur di negeri adat Amarsikaru, kecamatan Pulau Gorom , resmi ditutup oleh Ketua DPRD SBT, Noaf Rumau, S.Ag., pada Selasa ( 16/11/2021) malam.

Pada gelaran MTQ Tahun ini, diikuti oleh 300 peserta dari 15 Kecamatan, dan Kecamatan Pulau Gorom berhasil keluar sebagai juara umum dengan total nilai 45.

Ketua DPRD dalam sambutannya menjelaskan, pelaksanaan MTQ memiliki makna yang sangat penting dan sarat dengan nilai-nilai sakral yang perlu diambil dan direnungkan dalam kehidupan sehari-hari, karena dapat menumbuhkan dapat menumbuhkan kesadaran spiritual tentang arti pentingnya ajaran Al-Qur’an yang dapat dijadikan sebagai motivasi dasar dalam membangun kepribadian umat Islam di Kabupaten Seram Bagian Timur.

Ia juga mengingatkan, pelaksanaan MTQ bukan sekedar ajang untuk mengukir prestasi semata, namun dapat dijadikan sebagai sarana perekat rasa kebersamaan serta membangun kekuatan berdasarkan nilai-nilai Islam dalam rangka menyongsong pembangunan yang aman, tentram dalam nuansa Islami.

Hendaknya MTQ tidak hanya dipahami sebagai kompetisi semata, namun sesungguhnya merupakan salah satu momentum syiar Islam untuk lebih memasyarakatkan budaya baca tulis dan pemahaman Al-Qur’an, agar kandungan nilai-nilai Al-Qur’an dapat teraktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari“, Ujarnya

Rumau menegaskan, jika pergelaran MTQ ini dapat dimaknai dengan sungguh-sungguh, maka Insha Allah dapat teraktualisasikan dalam kehidupan masyarakat di Bumi Ita Wotu Nusa.

Dalam Penyelenggaraan MTQ ini, kata Rumau, sudah tentu ada yang mencapai prestasi terbaik dan ada juga yang belum memperoleh prestasi , namun kesemuanya itu harus diterima dengan sikap kesatria dan lapang dada.

Saya ucapakan selamat atas prestasi yang diraih oleh para juara, dan kepada yang belum berhasil agar terus mengasah kemampuannya dengan giat berlatih untuk mempersiapkan diri pada pelaksanaan MTQ di tahun mendatang“, jelasnya

Lebih lanjut Ia mengingatkan kepada para juara agar tidak berpuas diri, tetapi harus meningkatkan kemampuan dan kualitas diri dengan terus berlatih mempersiapkan diri menghadapi event MTQ tingkat Provinsi nanti.

Acara penutupan MTQ ke-10 tingkat kabupaten turut dihadiri oleh Anggota DPRD Abdul Azis Keliandan, Kapolsek Pulau Gorom, Koramil Seram Timur, Ibu Adat Negeri Amarsekaru, para Camat di 15 Kecamatan serta sejumlah OPD lingkup Pemkab SBT dan tamu undangan lainnya. (RA)