RAPAT PARIPURNA PERSETUJUAN PERUBAHAN TATA TERTIB DPRD KAB. SERAM BAGIAN TIMUR.

Rapat anggota DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur pada tanggal 08 Maret 2017 menggelar rapat paripurna tentang persetujuan perubahan tata tertib DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur.

Pada kesempatan itu ketua DPRD memberikan sambutan dalam acara sidang rapat paripurna tersebut. Ketua DPRD juga memberikan alasan digelarnya acara rapat paripurna tersebut, yaitu dalam rangka persetujuan terhadap pembahasan perubahan tata tertib DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur Tahun 2014 – 2019, yang telah selesai dilakukan oleh PANSUS yang ditugaskan oleh DPRD untuk melakukan pembahasan tata tertib DPRD tersebut.

Alasan perubahan dan penyesuaian terhadap perubahan tata tertib DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur mengacu pada ketentuan undang-undang No. 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD sebagai aturan induk yang mengatur tentang pelaksanaan fungsi dan tugas serta wewenang DPRD. Karena selama ini DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur Masih menggunakan rujukan Peraturan Pemerintah Nomor  16 Tahun 2010 tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD.

Selain pembahasan tersebut diatas, DPRD juga telah melakukan perubahan komposisi dan keanggotaan pada fraksi-fraksi, hal tersebut dilakukan berdasarkan usul yang disampaikan partai politik yang memiliki kursi di DPRD. Perubahan tersebut terjadi pada fraksi Kebangkitan Perjuangan Keadilan Nasional dan Fraksi Keadilan dan Persatuan Indonesia. Dimana anggota DPRD asal partai Nasdem yang dulunya bergabung pada fraksi Kebangkitan Perjuangan Keadilan Nasional telah berpindah pada fraksi Keadilan dan Persatuan Indonesia. Proses perubahan tersebut juga telah dirumuskan dan dimasukan dalam ketentuan peraturan tata tertib hasil perubahan yang akan disetujui dalam rapat paripurna dewan ini.