Pemuda SBT Gelar Refleksi 14 Tahun SBT Sekaligus Deklarasi Kebangkitan Pemuda Ita Wotu Nusa

 

Tampak tamu undangan dalam acara refleksi 14 tahun kabupaten SBT sekaligus deklarasi kebangkitan pemuda, di Gumumae beach

Bula, – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dibawah kepemimpinan Rusdi Rumata mengelar refleksi 14 tahun Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) sekaligus deklarasi kebangkitan pemuda SBT di pantai Gumumae, Minggu (14/01).

Acara tersebut  menyita perhatian kaum muda SBT terkhusus yang bedomisili di Kota Bula. Pasalnya gelaran refleksi dan deklarasi diruang terbuka  itu diwarnai hujan hingga acara usai.

Dalam sambutannya, Rumata menyatakan, DPD KNPI sengaja melaksanakan kegiatan refleksi 14 Tahun SBT guna mengajak pemuda sama-sama menyumbangkan ide-ide terbaik dalam membangun negeri ini. Dikatakan, reflksi ulang tahun kabupaten pada hakekatnya untuk sama-sama merenungi sepak terajang para senior yang telah mencetak sejarah terbentuknya Ita Waotu Nusa di pemerintahan.

“Melanjutkanya, sebagai pemuda Ita Wotu Nusa harus memiliki semangat untuk memajukan negeri ini walaupun ada rintangan yang dihadapi saat,” ungkapnya.

Sebagai Ketua DPD KNPI, Rumata menyerukan persatuan pemuda SBT demi pembangunan berkemajuan di daerah. Dikatakan, dengan tema Mensinergikan Potensi Gerakan Pemuda Untuk Ita Wotu Nusa diharapkan, dapat menjadi perenungan bersama kaulah muda SBT.

Ditempat yang sama Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas yang diwakili Staf Ahlinya, A.Q Amahoru, dalam sambutan singkatnya menyampaikan, terimaksih kepada semua stacholder yang mana telah membantu pemerintahan hingga saat ini.

Dikatakan, dengan adanya perayaan HUT Kabupaten SBT dan Deklarasi Pemuda oleh KNPI,  diharapkan dapat  bersama pemerintah daerah kiranya dapat membawa nama baik SBT nantinya.

Untuk versi-versi KNPI Pemda SBT sepakat untuk berada di tengah dan mendukung diantara dua ini tidak memihak antara dua versi tersebut.

“Saya mewakili Bupati berharap adanya kegiatan ini pemuda dan Pemda dapat mendorong pembangunan di negeri ini. Dan menjaga nama baik Ita Wotu Nusa dimata Kabupaten lain di indonesia,” ungkapnya

Menutup sambutannya, Bupati melalui Amhoru menyerukan kepada kaulah muda di SBT yang tengah berhimpun di berbagai oraganisasi kepemudaan untuk membuka diri dan saling menerima, membuka pemikiran pribadi juga pemikiran organisasinya, bersinergi untuk membangun daerah.

Sementara itu Ketua Majelis Pemuda Kabupaten SBT Bahrum Wadjo, menyatakan, KNPI sebagai corong terbesar, representasi dari sejumlah OKP yang ada, akan terus berkomitmen menjaga dan merawat kebinekaan. “Kepada KNPI dan seluruh Pimpinan OKP/i mari kita bekerja sama menjaga netralitas guna menjawab keluh negeri ini,” tegasnya.

Pantauan media ini, meski diguyur hujan, kegiatan berlangsung khidmat di awali dengan pembacaan Deklarasi Pemuda oleh pengurus DPD KNPI Kabupaten SBT dan pernyataan pimpinan OKP diantanya, KAMMI, PMII, HMI, GMNI dan diakhiri dengan persembahan pentas seni teater pembacaan puisi, yang di peragakan oleh Komunitas Nagandadala Kabupaten SBT.

Gelaran tersebut berhasil mengahadirkan, selain Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas yang di wakili Staf Ahlinya A.Q Amahoru, juga perwakilan anggota DPRD, perwakilan Polres SBT, Ketua DPD KNPI beserta jajaran, Ketua Majelis Pemuda Kabupaten SBT, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Komunitas Nagandadala.* (MM-05/Im)