Pemudik Gratis Padati Pelabuhan Sesar Tujuan Geser Gorom Kesui dengan KM Fajar Baru

Suasana Mudik Gratis di Pelabuhan Sesar.**Im/Foto

BULA, dprd-serambagiantimur.go.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mengadakan program mudik gratis yang digelar dilakukan lebih awal.

Hal ini untuk mencegah terjadinya penumpukan penumpang saat arus puncak mudik Lebaran di Pelabuhan Sesar Ibu Kota Bula.

“Untuk itulah kami mengimbau program mudik gratis ini bisa dilakukan lebih awal. Kondisi pemudik yang masih sepi, tidak membuat penumpang berdesakan memasuki kapal,” jelas Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten SBT Ikhsan Kilwoy, disela-sela kegiaran arus mudik berlangsung Selasa, (21/5/2019).

Namun, lanjut Kilwooy, bila pelaksanaan mudik gratis dilakukan saat arus puncak pemudik atau beberapa hari jelang Lebaran tentunya penumpukan penumpang yang sangat banyak di pelabuhan pasti terjadi.

“Terlebih bila keberangkatan peserta mudik gratis tersebut tertunda lantaran hal teknis, tentunya bisa saja mereka berlebaran di pelabuhan. Sehingga harus berangkat hingga sehari atau dua hari usai lebaran,” terang kilwoy.

Dari pantauan media ini ratusan peserta yang mengikuti mudik lebaran 1440 hijriah gratis yang di laksanakan oleh Pemda SBT melalui dinas perhubungan setempat mulai memadati pelabuhan sesar kota bula.

Kapal perintis KM Fajar Baru dengan rute pelayaran Bula, Geser, Gorom dan Kesui saat ini sudah mulai mengangkut ratusan pemudik menuju daerah setempat untuk merayakan lebaran di kampung mereka masing-masing.

Kilwoy saat di wawancarai wartawan menyebutkan pada saat ini sebanyak 210 penumpang yang akan di berangkatkan tujuan geser gorom dan wakate dengan KM Fajar Baru.

“Kebanyakan penumpang mudik gratis ini dari mereka berasal dari Pulau Kesui dan Teor, karena hanya kapal itu yang rute pelayarannya sampai ke ujung pulau Kabupaten SBT”, ungkapnya.

Lanjut keliwoy,  dijadwalkan rabu pagi besok sekitar 30 penumpang peserta mudik gratis akan diberangkatkan dengan KM Alis Mulia, namun hanya sampai di Pelabuhan Ondor Pulau Gorom.

Selain kapal laut, Dinas Perhubungan Kabupaten Seram Bagian Timur juga menyediakan mudik gratis dengan angkutan darat menuju Kecamatan Tutuktolu sampai ke Siritaun Wida Timur.

Program Mudik Gratis Idul Fitri 1440 H dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan transportasi.

“Sebanyak 1500 tiket gratis tela disiapkan Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur dan sebagian besar para pemudik diperkirakan akan berangkat pada akhir pekan ini,” tutupnys keliwoy.**

Editor/Penulis : Baim Rumadaul