Mantap ! Diskucapil SBT Membuka Diri Antisipasi Hak Suara Warga

Bula,  dprd-serambagiantimur.go.id – Jelang Pemungutan suara 27 Juni mendatang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Diskucapil) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) gencar melayani warga dalam melakukan perekaman E-KTP.

Diskucapil SBT tak tanggung-tanggung turun langsung melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik (E-KTP) di sejumlah desa yang belum pernah diadakan perekaman secara langsung. Hal ini demi menjawab hak pilih warga menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku 2018.

“Perekaman E-KTP ini juga dilakukan Dukcapil Kabupaten SBT untuk mengantisipasi Pemilu 2019 nanti,” akui Kepala Dinas Diskucapil SBT Sidik Rumalowak.

Diakui Rumalowak, untuk saat ini sebagian warga belum memiliki KTP, guna mengantisipasi hal tersebut Capil SBT selalu membuka diri untuk warga yang tiap hari datang melakukan perekaman.

Dari pantauan media ini terlihat masyarakat yang berbondong-bondong melakukan perekaman guna menentukan hak pilihnya pada tanggal 27 juni nanti.

“Ini upaya kita biar masyarakat sebelum pilkada sudah memiliki E-KTP,” jelas Rumalowak kepada dprd-serambagiantimur.go.id, Sabtu(23/06/2018).

Dikatakannya, perekaman E-KTP juga dilakukan Disdukcapil Kabupaten SBT langsung ke lapangan ini dilakukan pihaknya sudah sejak dua atau tiga tahun sebelumnya, bukan baru dilaksanakan menjelang pilkada dan pemilu. Pihaknya sampai turun ke kelurahan, desa hingga lingkungan untuk melakukan perekaman E-KTP.

“Kemarin kita melakukan pelayanan sekaligus perekaman di berbagai Desa yang ada di Kabupaten SBT dan ada yang belum melakukan perekaman pada saat itu dikarenakan tidak ada di tempat yang mereka tinggal hingga sebagian saja yang di lakukan perekaman oleh staf saya, jika mereka sudah pernah melakukan perekaman maka di pastikan E-KTP nya sudah bisa di ambil oleh kepala desa mereka atau datang langsung ke kantor dan mengambilnya,” jelas Rumalowak.**