KPU Kabupaten SBT Mulai Distribusikan Logistik Pilgub Maluku

 

Foto Istimewa : dprd-serambagiantimur.go.id

Bula, dprd-serambagiantimur.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seram Bagian Timur (SBT) mulai mendistribusikan logistik pemilihan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Maluku dan mengadakan seluruh logistik kebutuhan penyelenggaraan agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2018 ini.

Ketua Devisi Data KPU Kabupaten SBT Amnun Naqib kepada media ini, Rabu (20/6/2018) mengatakan, logistik tersebut diantaranya, Surat Suara, Formulir, Alat Bantu Tuna Netra, Tinta, hingga Sampul surat suara dan di pastikan pada, Kamis (21/06). Semua logistik tiba di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebelum hari pencoblosan.

Berkaitan hal itu, menurut Naqib pihaknya sudah merencanakan jadwal Pendistribusian logistik tersebut ke tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mulai tanggal 21 hingga 26 Juni mendatang.

“Mulai dari tanggal 21 kita distribusi, itu distribusi dari KPU Kabupaten ke PPK sampai tanggal 22 juni. Tanggal 23 sampai 26 Juni itu, dari PPK menuju PPS. Nah kemudian dari PPS didistribusikan ke KPPS itu ditanggal 26 Juni 2018,” ungkapnya.

Ditambahkan, proses pendistribusian ini akan melibatkan pihak terkait diantaranya Kepolisian Resor (Polres), dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) dan Panwaslu Kabupaten SBT.

Naqib berharap tahapan tersebut dapat berjalan dengan baik melalui dukungan semua pihak sehingga dapat terlaksana sesuai dengan harapan.

Senada dengan Naqib Sekretaris KPU Kabupaten SBT, Barakudin Rumakway mengatakan, pendistribusian logistik dilakukan melalui dua zoa, yakni zona laut dan zona darat.

Zona laut meliputi kecamatan Kilmury, Werinama, Siwalalat, Seram Timur, Pulau Gorom, Pulau Panjang, Gorom Timur, Kesuai Watubela dan kecamatan Teor.

Sementara zona darat meliputi kecamatan Bula, Bula Barat, Teluk Waru, Tutuk Tolo, Kiandarat, dan kecamatan Lianvitu.

Kamis pagi, dilakukan pendistribusian pertama yakni pada zona laut menggunakan kapal Ales Mulia, berangkat dari pelabuhan Sesar ke semua kecamatan yang termasuk zona laut.

“Sementara zona darat itu, kita bisa tempuh denga mobil. Kami rencanakan hari Jumat atau paling lambat hari Sabtu tanggal 23 Juni, logistik sudah terdistribusi ke semua TPS,”kata Rumakway kepada wartawan disela pendistribusian logistik di Kantor KPU Seram Bagian Timur, Kamis dinihari.

Disebutkan, jumlah surat suara yang didistribusi tersebut sesuai dengan jumlah pemilih pada Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Sandaran kita adalah DPT,  91 ribu sekian ditambah  (surat suara tambahan-red) 2,5 persen atau  tiga ribu sekian. Jadi, total jumlah surat suara adalah  94 ribu sekian,”rincinya.

Menyoal kesiapan penyelenggara di tingkat kecamatan hingga TPS, mantan kepala wilayah kecamatan Werinama ini mengunkapkan, jajaran penyelenggara tersebut telah siap.  “Saat ini semua sudah siap. Dan saat ini menanti logistik,”katanya.

Pendistribusian logistik pada zona laut tersebut dikawal aparat kepolisian serta Panwaslu kabupaten SBT.**