Ketua PN Hunimua Resmi Lantik Tiga Pimpinan DPRD SBT

dprd-serambagiantimur.go.id – Tiga Pimpinan Definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), masa jabatan periode 2019-2024 resmi dilantik. Ketiganya dilantik dan diambil sumpah jabatan di aula paripurna gedung DPRD SBT pada Selasa (5/11) pagi.

Berdasarkan SK Gubernur Maluku Murad Ismail, Nomor 231 tahun 2019 Ketua DPRD SBT dijabat Noaf Rumau, dari Partai Keadilan Sejahtera. Kemudian dua Wakil Ketua DPRD SBT dijabat Agil Rumakat dari Partai Golkar dan Ahmad Voth dari Partai Gerindra.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Pimpinan DPRD SBT, dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Kelas II Dataran Hunimoa Purwanto S Abddullah ini juga dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten SBT Syarif Makmur dan Penjabat Bupati SBT pertama A.G Wakanubun.

Selain itu dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten SBT. Mulai dari Kapolres SBT, Kodim Persiapan SBT, Dandim 1505 Masohi, Kajari SBT, Kepala Pengadilan Negeri, Ketua KPU dan Komisionernya, Ketua Panwas dan Stafnya Serta para ketua Partai Politik di Kabupaten SBT.

Dalam pengantarnya sekaligus membuka rapat paripurna, Noaf Rumau mengungkapkan, ia serta atas nama pimpinan wakil rakyat mengucap rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang mana katanya dapat meluangkan waktu untuk berhadir di momen sakral tersebut.

“Dengan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji Pimpinan DPRD SBT masa jabatan periode 2019-2024 ini. Semoga dalan lima tahun kedepan, kami semua dapat menjalani tugas ini dengan lancar dan amanah,” ujarnya.

Dijelaskanya, Secara resmi dalam rapat paripurna istimewa yang dilaksanakan tanggal 26 September lalu, anggota DPRD Kabupaten SBT masa jabatan 2019-2024 sebelumnya telah diambil sumpah dan janjinya yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Dataran Hunimua.

Dikatakanya, bahwa unsur Pimpinan DPRD ini merupakan satu kesatuan yang kolektif. Dimana kedudukannya sama dalam rangka menjalankan tugas dan wewenang.

“Kedudukan unsur Pimpinan DPRD dan anggota DPRD adalah sama. Sebagai sama-sama wakil rakyat, yang membedakan hanya tugas dan fungsi masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten SBT Syarif Makmur menyampaikan kepada pimpinan DPRD SBT yang baru saja dilantik agar melaksanakan amanah dan kepercayaan ini dengan baik dan penuh dedikasi.

Pesan Orang nomor satu di SBT yang disampaikan Sekda tersebut juga menjelaskan hal yang tak kalah penting adalah keharmonisan internal. Dimana harmonisasi ini harus mampu dibina dan ditumbuhkembangkan oleh segenap unsur pimpinan bersama para anggota lainnya.

“Harmonisasi juga harus dibangun di atas pondasi yang dapat menjamin solidnya kerjasama yang serasi dan sinergis antara eksekutif dan legislatif ini meliputi segala aspek untuk tercapainya tujuan SBT yang semakin lebih baik lagi,” katanya.

Sekda SBT Syarif Makmur juga menambahkan kepada pimpinan DPRD SBT terpilih agar segera melaksanakan koordinasi internal guna melaksanakan fungsi legislatif selanjutnya.

“Saya harapkan saudara mampu memberikan energi baru, inspirasi baru dan semangat kerja yang baru, sehingga kinerja DPRD SBT semakin membaik dalam menyuarakan kepentingan dan aspirasi masyarakat serta dalam mengedepankan kemajuan dan pembangunan daerah kita ini ke depan. kuncinya adalah kebersamaan, kepercayaan dan dedikasi bahwa kepentingan daerah dan masyarakat harus didahulukan,” pungkasnya.** (Baim Rumadaul)