Keliwar : OPD Malas Dan Tak Profesional

Jasali Keliwawa, Anggota DPRD Kabupaten SBT**

Bula, dprd-serambagiantimur.go.id- Malasnya Organisasi perangkat Daerah untuk menghadiri rapat evaluasi triwulan II hampir terjadi di semua Komisi yang ada di DPRD SBT. Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Komisi C DPRD SBT, Jazali Keliwar kepada Media ini, Sabtu (28/7) di Bula.

Keliwar menegaskan rapat efaluasi tahun anggaran berjalan terpaksa terus molor akibat dari ketidakhadiran para pimpinan OPD, diantaranya Sekretariat DPRD dan Bagian Umum Setda SBT, semntara Inspektorat dan Biro Hukum Setda SBT hanya mengutus perwakilannya.

“Ini Rapat penting, 2 OPD yang tidak hadir seperti bagian umum dan bagian sekretariat DPRD, sementara 2OPD mengutus perwakilan seperti inspektorat dan bagian Hukum, hal ini dapat membuat mandek agenda antara eksekutif dan legeslatif,” ungkapnya.

Ditambahkan, dirinya secara tegas dalam rapat tersebut mengatakan, akibat dari malas dan tidak profesionalnya para pimpinan OPD, sangat berpengaruh terhadap pelayanan Publik dan minimnya penyerapan anggaran yang tidak maksimal yang berujung pada pengelolaan birokrasi yang tak sehat.

Olehnya itu, dirinya meendesak pemerintah Daerah agar dapat memberikan sangsi tegas terhadap para pimpinan OPD sesuai ketentuan yang berlaku.

” Pada rapat kerja saya menyampaikan,  akibat malas dan tidak profesionalnya eksekutif selama ini dapat menghambat pelayanan terhadap masyarakat, tentu penyerapan anggaran tidak maksimal, maka pasti berpengaruh terhadap sistem tata kelolah pemerintahan di daerah ini. saya tegaskan pemerintah daerah harus tegas memberikan sangsi sesuai aturan yang berlaku,”tegas Keliwar.

Untuk diketahui, malasnya para pimpinan OPD hampir merata di Semua mitra komisi yang ada di DPRD Seram Bagian Timur, padahal efaluasi tahun Anggaran berjalan merupakan faktor penting sehingga mengetahui tingkat penyerapan anggaran di masing-masing OPD.**