Keliobas : Masalah Sertifikat Lahan Transmigrasi Akan Diselesaikan

 

 

 

 

 

 

 

 

BULA, dprd-serambagiantimur.go.id – Bupati kabupaten Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas mengatakan, tanah di daerah ini yang dijadikan lahan transmigrasi perlu didukung dengan Sertifikat. Dengan begitu, para transmigran di daerah ini tidak lagi mengeluhkan masalah tersebut.

Pentingnya pemberian  Sertifikat bagi transmigran  juga untuk menghindari upaya pihak tertentu untuk memanfaatkan masalah lahan yang belum bersertifikat tersebut.

“Ada masyarakat  di sini   yang diancam karena sertifikatnya tidak berikan,”kata Keliobas saat menghadiri panen raya Jagung di desa Jembatan Basah kecamatan Bula Barat, Senin (12/2).

Karena itu, Keliobas mengatakan masalah tersebut harus segera diselesaikan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di daerah ini.

“Saya sudah perintahkan kepala dinas Transmigrasi untuk menangani semua dan diberikan. Koordinasi dengan pertanahan, urus semua dan berikan. Saya tidak mau mendegar masyarakat mengeluh akibat sertifikat tidak ada,”tegas mantan ketua DPRD kabupaten SBT.

Selain itu, Serfikiat juga harus diperjelas dengan peruntukkan tanah tersebut. Jangan sampai, ada masyarakat transmigran berprofesi sebagai petani tapi disebut sebagai peternak.  Bahkan, tempat tinggal mereka tidak sesuai kenayataan.

“Tempat tinggal mereka di sini, di kasi ke tempat lain. Ini harus diselesaikan. Saya janji, Insya Allah. Dalam kepemimpinan saya ini cepat selesai supaya masyarakat jangan lagi diintimidasi dan lain-lain,”ungkapnya.