Kedatangan Kafilah Peserta Festival Seni Qasidah Bintang Vokalis Tingkat Provinsi Maluku Disambut Meriah

Penyambutan Juara Umum Lasqi Tingkat Nasional asal Kabupaten SBT di Bandara Kufar.**Baim/Foto

Bula, dprd-serambagiantimur.go.id – Penyambutan Kafilah Lasqi Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), yang mengikuti Festival Seni Qasidah (Lasqi) Bintang Vokalis Tingkat Provinsi Maluku di Kota Ambon dan Peserta Festival Seni Qasidah Tingkat Nasional asal Kabupaten SBT tahun 2018, berhasil membawa pulang hasil yang membanggakan. Penyambutan kedatangan rombongan kafilah Kabupaten SBT berlangsung di Bandara Kufar Kecamatan Tutuk Tolu, Rabu (05/12/2018).

Selanjutnya rombongan kafilah di sambut di pertigaan Jalan Tansi Ambon untuk berkonvoi dalam Kota Bula menuju Pandopu Bupati Seram Bagian Timur. Kabupaten SBT berhasil mengharumkan nama Maluku dengan dua pesertanya yang berhasil meraih juara Umum 1 tingkat Dewasa Putra-putri dan juara 3 tingkat Anak-anak Putra-putri di Lasqi tingkat Nasional di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Pelaksanaan Festival Seni Qasidah Bintang Vokalis Tingkat Provinsi Maluku yang telah di gelar di Kota Ambon yang lalu dimana pada Festival tersebut DPD Lasqi Kabupaten SBT telah mengirimkan 12 Peserta terbaik dari hasil seleksi pada tingkat Kabupaten.

Ketua DPD Lasqi Kabupaten SBT Yulia Misa Keliobas dalam laporanya menyampaikan, Pembinaan peserta sebagaimana yang telah di laporkan pada saat acara pelepasan tanggaln 14 November 2018 yang lalu sebelum peserta diberangkatkan menuju Provinsi semuanya menjalani latihan yang bertempat di Hotel Surya Kota Bula dengan di damping Pelatih DPD Lasqi Kabupaten SBT dan satu orang Pelatih dari DPW Lasqi Provinsi Maluku dan satu orang pelatih dari DPP Lasqi.

Dikatakanya, Peserta yang dikirimkan untuk mengikuti Festival Seni Qasidah Bintang Vocalis Tingkat Provinsi Maluku tahun 2018 itu berjumlah 22 orang dengan kategori Anak-anak Putra-putri sebanyak 4 orang, kategori Remaja Putra-putri sebanyak 4 orang, kategori Dewasa sebanyak 4 orang, Pelatih sebanyak 2 orang, Oficial sebanyak 2 orang ditambahkan Pendamping Sebanyak 6 orang untuk mengikuti Lasqi tingkat Provinsi yang berlangsung di Kota Ambon.

“Cabang Lomba yang diikuti Khafila Lasqi Kabupaten SBT diantaranya bintang vocalis Anak-anak Putra-putri, bintang vocalis Remaja Putra-putri dan bintang vocalis Dewasa Putra-putri,” ujar Misa Keliobas yang juga Ketua PKK Kabupaten SBT itu.

Kata Dia, Pelaksanaan festival bintang vokalis tingkat Nasional tahun 2018 yang berlangsung di Jakarta dengan hasil yang di capai sesuai target pada acara pelepasan. DPD Lasqi Kabupaten SBT menargetkan untuk meraih juara umum, melalui kesempatan tersebut atas dukungan dan masyarakat sehingga DPD Lasqi Kabupaten SBT kembali meraih juara umum untuk ketiga kalinya secara berturut-turut dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2018 dari 12 peserta yang dikirim oleh DPD Lasqi Kabupaten SBT 11 orang diantaranya memperoleh juara pada tingkat juara dan kategori masing-masing, hanya 1 orang peserta yang belum berhasil untuk meraih juara.

Misa Keliobas juga menambahkan, Juara yang di peroleh diantaranya kategori Anak-anak Putra-putri juara 1 di raih oleh 1 orang, juara 3 di raih oleh 1 orang, juara harapan 1 diraih oleh 2 orang, untuk kategori Remaja Putra-putri juara 2 diraih oleh 2 orang, juara harapan 3 diraih oleh 1 orang, sementara kategori Dewasa Putra-putri juara 1 di raih oleh 1 orang, juara 3 diraih oleh 1 orang, juara harapan satu diraih oleh 1 orang dan juara harapan 2 diraih oleh 1 orang.

Dari hasil yang di peroleh itu DPD Lasqi Kabupaten SBT berhasil mengikutkan 2 orang peserta terbaik untuk mewakili Provinsi Maluku ke tingkat Nasional yang di selenggarakan di Jakarta kedua peserta asal kabupaten SBT tersebut berhasil mencatat sejarah baru mengharumkan nama Maluku di pentas Nasional dengan meraih juara 1 Nasional Dewasa Putri dari 27 Provinsi yang mengikuti Festival tingtkat Nasional atas nama Rika Rumagutawan dan juara 3 Nasional kategori Anak-anak putra atas nama Ferdi Rumodar.

“Tentunya semua kesuksesan dan keberhasilan yang diraih oleh DPD Lasqi Kabupaten SBT tidak terlepas dari doa dan dukungan semua pihak oleh karena itu selaku Ketua DPD Lasqi Kabupaten SBT saya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan seluruh pihak serta masyarakat yang ada di Kabupaten SBT semoga kedepan Lasqi Kabupaten SBT lebih maju dan berkembang,” kata Misa Keliobas yang juga istri Bupati SBT tersebut.

Selain itu Misa Keliobas juga menyampaikan, Qasidah merupakan seni yang menjadi media dakwah sehingga mempunyai tujuan yang jelas untuk membina dan membangun umat islam,” ujar Misa keliobas.

Sementara Bupati Seram Bagian Timur Abdul Mukti Keliobas, pada saat menerima kembali Kontingen Kafilah Lasqi Kabupaten SBT tahun 2018 dalam sambutanya menyampaikan, Seni Qasidah yang di laksanakan saat ini pada zaman sebelumnya para Mubalik-mubalik menggunakan sebagai syiar islam dan sebagai media da’wah islam yang di hubungkan dengan mayoritas masyarakat Kabupaten SBT yang 99% adalah memeluk agama islam maka Seni Qasidah buanlah sebuah hal yang baru di Bumi Ita Wotu Nusa.
“Prestasi yang kita raih ini adalah upaya dan kerja keras kita semua baik Pemerintah Daerah dan seluruh warga masyarakat Kabupaten SBT,” kata Bupati.

Bupati Abdul Mukti Keliobas juga menyampaikan apresiasinya kepada DPD Lasqi Kabupaten SBT yang berhasil mengharumkan nama Kabupaten bertajuk Ita Wotu Nusa tersebut di tingkat Nasional sebagai juara umum pada Lasqi Tingkat Provinsi Maluku dan juga menduduki lomba Seni Qasidah Dewasa Purti menjadi juara 1 serta juara 3 tingkat Anak-anak.

“Atas nama pemerintah daerah kita akan menghargai prestasi yang telah diukir maka kami, memberikan bonus kepada anakda Rika Rumagutawan untuk umroh tahun 2019, dan kepada Adik Ferdi karena usianya masih kecil Ibunya atau Bapaknya juga mengikuti umroh pada tahun 2019,” ungkap Bupati yang juga Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten tersebut.

Selain itu Pemda SBT juga memberikan bonus kepada kedua peserta asal Kabupaten SBT itu, atas prestasi yang di raih. Dengan memberikan 10 Juta Rupiah kepada Rika Rumagutawan sebagai juara Umum 1 dan 5 Juta Rupiah kepada Ferdi Rumodar sebagai Juara Umum 3 di Tingkat Nasional yang di gelar di Jakarta.
“Dengan Prestasi yang di capai ini maka teruslah di pertahankan dan di tingkatkan guna prestasi kedepanya terus lebih baik dan menciptakan generasi baru Lasqi untuk mengharumkan Kabupaten ini,” ungkap Bupati.

Ditambahkan Bupati, Sesuai sambutan Ketua DPD Lasqi pada saat pembukaan Lasqi Tingkat Kabupaten menginginkan untuk pembangunan Studio Rekaman dan pada tahun 2019 akan dianggarkan sebanyak 1 Miliar untuk di gunakan nantinya.**