Jumpa Pers : Komisi A Desak Ketua DPRD Surati Bupati SBT, Evaluasi OPD

Pernyataan Ketua Komisi A DPRD Kabupaten SBT Umar Gassam, dalam jumpa Pers pada Sabtu, (03/8/2019) di kantor DPRD SBT.**Im/Foto

Bula, dprd-serambagiantimur.go.id – Dalam jumpa Pers yang digelar Komisi A,  B, dan C Anggota Dewan Perwakilan  Rakyat Daerah (DPRD)  Kabupaten  Seram Bagian Timur (SBT). Ketua Komisi A Umar Gassam mendesak Ketua DPRD SBT Agil Rumakat, untuk segara menyurati Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas.

“Surat tersebut dengan tujuan agar bupati SBT, mampu mengevaluasi kenerja Organisasi Perangkat  Daerah (OPD)” tutur Gassam kepada awak media di kantor DPRD Kabupaten SBT Sabtu,  (03/19).

Jajaran OPD menurut Gassam, tidak serius dalam membantu kinerja Pemerintah Daerah (Pemda).  Pasalnya, setiap rapat paripurna yang digelar, pimpinan OPD malas menghadiri. “padahal itu adalah panggilan institusi resmi” ucap pria asal Kecamatan Kilmury itu.

Gassam yang juga Politisi Partai Gerindra SBT itu menjelaskan, ketidak hadiran OPD sangat berakibat vatal bagi masyarakat di bumi yang berjuluk Ita Wotu Nusa. Karena Gassam menilai, rapat di 2018 ini adalah penentu arah kesejahteraan 2019. “Jadi kalau OPD tidak hadir, maka imbasnya ada pada masyarakat” kata pria berkemeja  putih tersebut.

Dikatakan Gassam, Jajaran Komisi yang berada di DPRD Kabupaten SBT mengambil sikap untuk rapat tersebut di hentikan tanpa batas waktu yang di tentukan sambil menunggu panggilan di kemudian hari.

“Sebagai pimpinan komisi A DPRD Kabupaten SBT atas kejadian ini saya sangat menyayangkan sikap dari Pemerintah Daerah. Sebab mereka tidak serius dalam mengurus hajat di daerah ini,” ucap pria yang akrap disapa dengan sebutan UG.

Dijelaskan Gasasam, Berdasarkan Undang-undang Nomor 23 bahwa, DPRD dan Pemerintah Daerah adalah mitra sejajar dalam konstitusi untuk saling menghargai “tetapi ini terkesan Pemda tidak menghargai sama sekali,” jelasnya anggota DPRD dua periode tersebut.

Gassam Mengharapkan, Bupati dan Wakil Bupati SBT dapat memanggil jajaran OPD yang jarang mengikuti Sidang Paripurna. Agar dapat dilakukan pembinaan khusus terhadap OPD yang bandel. “seperti di Komisi C ada pimpinan OPD yang sangat bandel yakni Kepala Bagian Tata Pemerintahan SBT” tutup Gassam dengan penuh harap.

Sambung Gassam “Saya di Komisi A seluruh Pimpinan OPD hadir, hanya saja satu tidak hadir itu adalah Kepala Bagian Tata Pemerintahan yang selama ini tidak hadir dan dia itu sangat bandel dan saya sudah mengeluarkan rekomendasi berkali-kali kepada Pimpinan DPRD untuk di teruskan kepada saudara Bupati agar yang bersangkutan dilakukan pembinaan,” tutup Gassam dengan nada yang tegas.**