Indahnya Pesona Tanjung Owan, Pantai Eksotis yang Tersembunyi di SBT

Wisata Tanjung Owan di Negeri Kilkoda Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten SBT.**Foto/Baim

Bula, dprd-serambagiantimur.go.id – Pesona alam yang dikirimkan Tuhan tepat di Tanjung Owan, Negeri Kilkoda Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), kita bisa mengantar nuansa mentari hingga fajar senja tenggelam sampai ke rumahnya. Keindahan Alam di Jazirah Timur Goranriun adalah salah satu media yang Tuhan sediakan bagi warga di Khatulistiwa Tumur Nusantara Ita Wotu Nusa sebagai tempat berlangsungnya proses therapi jiwa menjadi pribadi yang lebih baik.

Pesona Tanjung Owan yang indah menenangkan hati kita,  mengajarkan kita akan besarnya kehebatan tangan Tuhan yang menjadikan segala sesuatu yang Indah, sehingga hati pun percaya bahwa Tuhan yang sama yang menciptakan Alam yang Indah ini juga bisa menciptakan kembali manusia atau merubah kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Pesona Alam Tanjung Owan.**Foto/Baim

Dari titik yang tak terkira jaraknya, bundaran mentari bak bulan purnama itu perlahan bergerak turun seakan jatuh ke dalam perpaduanya. Di ujung senja itu, ombak Laut Jazirah Goranriun tak pernah berhenti menubruk pasir putih yang membentengi pesisir sekitar Tanjung Owan, Negeri Kilkoda, Kecamatan Pulau Gorom, Kabupaten SBT. Sempat dikepung awan selama beberapa detik, mentari yang telah berubah warna menjadi kemerah-merahan itu akhirnya menghilang tepat pukul 18.53 WIT. Seketika, Tanjung Owan dirundung kegelapan. ”Selamat malam,” kata Damin Rumatella, pemuda asal Negeri Kilkoda, Kabupaten SBT.

Destinasi wisata di Kabupaten SBT menarik pengunjung. Namun, sejumlah potensi wisata sepertinya belum terkelola dengan baik. Salah satunya Tanjung Owan yang ada di Negeri Kilkoda Kecamatan Pulau Gorom.

Seperti kebanyakan pantai lainnya di Kabupaten SBT, suasana Tanjung Owan tidak terlalu ramai. Keindahan Pantai Tajung Owan bisa dinikmati dari sebuah tebing yang tidak terlalu tinggi. Dari sana anda dapat melihat pemandangan Pantai Tanjung Owan yang cantik dengan di kelilingi gugusan Pulau-pulau kecil yang hampir sama dengan spot wisata di Raja Ampat.

Bagi yang berwisata dengan keluarga, pantai sepanjang satu kilometer ini cocok untuk menjadi destinasi pilihan karena laut yang cenderung menjorok ke daratan. Ombaknya yang landai tidak membahayakan anak-anak. Namun tetap berhati-hati, karena semakin ke tengah, kedalaman pantai semakin curam.

Selain dihiasi hamparan pasir putih yang unik, pantai ini juga dikelilingi barisan bukit kecil yang melengkapi keindahan alamnya. Jika ingin melihat pesona alam pantai dari ketinggian, Anda dapat mendaki salah satu Bukit yang dapat didaki dengan mudah. Jika ingin mendapatkan pengalaman lainnya di Pantai Tanjung Owan, Anda juga dapat menggunakan permainan ayunan di bibir pantai.

Pantai dengan pemandangan tanjung dan pasir putih ini masih belum mampu menarik wisatawan yang signifikan. Soal keindahan Tanjung Owan bisa dikatakan tak kalah dengan pantai yang sudah terkenal. Hal ini pun diakui Alimudin Kolatlena, salah satu pengunjung yang juga Anggota DPRD Kabupaten SBT.

“Saya sering traveling. Pemandangan di sini tak kalah keindahnya dengan pasir putih dan spot foto tanjung yang keren,” ujar Kolatlena.

Namun, dirinya sebagai wakil rakyat di Kabupaten SBT mengaku lokasi tersebut masih perlu promosi yang lebih baik dan penambahan wahana wisata air. “Kalau mungkin bisa ada seperti banana boat, pasti akan lebih menarik. Bisa saja kan pemerintah Kabupaten atau pemerintah desa mengelolah melalui Bumdes,” tambah pria berambut sepak ini.

Kolatlena, juga meminta Pemerintah Daerah (Pemda) menggencarkan promosi objek wisata unggulan di daerah itu. “Ketersediaan infrastruktur penunjang tanpa promosi pun sangat berpengaruh terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ke daerah ini,” ujar Kolatlena, saat Konfirmasi media ini, Senin, (24/6/2019).

Maka kata politisi Partai Gerindra itu, Pemda melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, perlu meningkatkan promosi objek wisata yang dimiliki. “Jika intensitasnya masih kurang, maka perlu ditingkatkan, baik melalui berbagai media massa, juga memanfaatkan media sosial,” ujarnya.

Banyak peluang pengembangan potensi wisata yang terbuka lebar, maka pemerintah daerah tambah dia, perlu bekerja ekstra keras untuk meningkatkan pengelolaan objek wisata yang dimiliki.(**)

Penulis : Baim Rumadaul

Editor : Danda