Gelar Pelatihan Relawan Kemanusiaan, My Care Libatkan Ratusan Pemuda SBT

 

Suasana pelatihan relawan oleh Maluku Youth Care (My Care) di hotel Mutiara, kota Bula, Kabupaten Seram Bagin Timur

Bula, – Maluku Youth Care (My Care) menggelar pelatihan Pemuda Peduli Rawan Sosial di Hotel Mutiara, Sabtu (06/01). Pelatihan oleh lembaga pemerhati sosial tersebut menargetkan pemuda di Bumi Ita Wotu Nusa nantinya menjadi pelopor kemanusiaan untuk menunjang visi besar pemerintah kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang sosialis, harmonis, sejahtera dan religius.

Lutfi Sukunwatan Ketua Umum My Care kepada mediamaluku.com menyatakan,  kegiatan akan digelar selama dua hari dan dipilah menjadi dua sesi, yakni sesi indoor (dalam/ruangan) dan outdoor (luar/ruangan). Outdoor rencanaya akan digelar di Gumumae Beach (pantai) pada Minggu, 07/01/2018 besok.

“Kami akan menempa peserta selama dua hari untuk mengangkat sisi kemanusiaan agar kelak lebih peka terhadap lingkungan sosial,” ungkapnya.

Ditambahkan, generasi muda adalah generasi penerus bangsa yang nantinya sebagai pemegang nasib bangsa ini, nasib daerah ini, maka perlu digelar pelatihan-pelatihan intensif guna meninggikan kepekaan diri.

“Realitas di Maluku saat ini, pemuda krisis kemanusiaan, ini bencana. Mestinya adalah, pemudalah yang ada di garda terdepan sebagai ujung tombak pemerintah menyikapi kejadian-kejadian sosial di masyarakat,” katanya.

Dijelaskannya, bukti krisis pemuda saat ini adalah bisa kita hitung berapa jumlah komunitas yang bergerak tanpa profit lebih dari pemerintah. Yang mau berdikari sebagai pekerja sosial yang seutuhnya. “Sedikit sekali jika mau kita hitung. Untuk itu, pelatihan ini paling tidak membuka paradigma pemuda-pemudi SBT untuk bisa menjadi pelopor utama relawan super asal Kabupaten SBT untuk Maluku,” tegasnya.

Untuk diketahui, Maluku Youth Care atau My Care ini didirikan pada tanggal 6 Februari 2016 lalu dengan tujuan sesuai visi pioner pemuda dan memberikan kesadaran kepada pemuda-pemuda Maluku. Untuk bagaimana berkontribusi dalam melaksanakan kepedulian terhadap masalah-masalah sosial.

Kegiatan yang diikuti ratusan pemuda dari pelbagi latar belakang tersebut, diharapkan bisa berjalan optimal demi mencapai alumnus pelatihan yang mandiri sosialis dan tentu mampu membentuk relawan-relawan di berbagai desa di SBT.

“Sesuai dengan visi misi My Care yakni mensinergikan potensi pemuda untuk berpadu dan berkarya dan mewujudkan kemajuan negeri, kami siap mendampingi pemuda-pemuda baik di negeri ini,” tutup Sukunwatan.** (mediamaluku.com)