Diskucapil SBT Buat Terobosan “Jemput Bola” Perekaman E-KTP di Rumah Warga

Bula, dprd-serambagiantimur.go.id – Upaya memudahkan masyarakat dalam mengurus data kependudukan, Dinas Kepndudukan & Pencatatan Sipil kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) melakukan terobosan jemput bola atau melakukan perekaman data kependudukan langsung ke rumah-rumah warga di Kabupaten berjuluk Ita Wotu Nusa itu.

Perekaman KTP Elektrik telah mencapai 64 persen atau melebih target awal yang ditentukan yakni 60 persen, sementara Akte Kelahiran baru mencapai 54 persen atau belum mencapai target 60 persen.

“Untuk bidang pencatatan yang meliputi kepemilikan documen Akte Kelahiran, Kartu keluarga (KK), Akte Kematian, E-KTP kami langsung turun ke rumah- rumah warga atau system jemput bola. Untuk Akte Kelahiran Alhamdllah kami sekarang sudah berada pada 54 persen kepemilikan, sementara perekaman E-KTP sudah melebih target 60 persen atau telah capai 64 persen,” ungkap Kadis Pencatatan Sipil SBT, Sidik Rumaloak, saat di konfirmasi, Kamis (08 /02).

Kendala yang dihadapai Dinas Pencatatan Sipil SBT dalam meliput kepemilikan dokomen berupa akta kelahiran, kartu keluarga, akte kematian dan lain-lain adalah Sumber Daya Manusia (SDM). Sementara Perekaman KTP Elektrik adalah gangguang jaringan.

“Olehnya kami mengharapkan ke depan ada kebijakan program dari Pemerintah Provinsi Maluku terkait pengelolaan data base kependudukan,” jelas Rumaloak.

Sidik Rumaloak menguraikan, program jemput bola ke rumah warga direspon positif masyarakat, hal itu terlihat dari sambutan hangat yang diberikan saat menerima petugas pencatatan sipil.

“Karena dengan kami turun ke rumah warga, selain mereka mendapatkan data kependudukan, mereka juga memperoleh pengetahuan terkait pentingnya dokumen kependudukan bagi setiap warga Negara,” tutup Sidik Rumaloak.** (BAIM)