Dinas Kominfo SBT Gelar Pelatihan Pemanfaatan Media Online

Dinas Kominfo saat mensosialisasikan pemanfaatan media kepada peserta kegiatan. **Foto/Dino

Bula, dprd-serambagiantimur.go.id – Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), melaui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten SBT terus berupaya dalam meningkatkan perannya dalam penyebaran informasi yang sehat dan bermanfaat bagi masyarakat.

Kegiatan tersebut digelar di Desa Sumber Agung Kecamatan Bula Barat, Selasa (18/06/2019). Pelatihan ini diikuti puluhan peserta yang terdiri dari Staf Kantor Camat Bula Barat, Kepala-kepala Desa dan Aparat Desa, serta Guru-guru dan Masyarakat.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten SBT M.S Kilwarani, SE saat membuka kegiatan menjelaskan, saat ini pemanfaatan teknologi informasi telah sedemikian pesat sehingga pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan pelatihan pemanfaatan media online bagi masyarakat Kabupaten SBT.

Dijelaskan Kilwarany, Pemerintah pusat juga mendorong setiap pemerintah daerah untuk menggunakan sistem informasi berbasis elektronik atau biasa disebut e-government. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan smart city.

“Saat ini pemanfaatan teknologi informasi sudah sedemikian pesat, dan tidak ada kata terlambat untuk kita belajar,” cetus Kilwarani mengajak peserta pelatihan.

Pelatihan pemanfaatan media online ini akan sangat bermanfaat, dan saya ingin mewujudkan sebuah kemandirian melalui pelatihan ini, agar penguasaan teknologi bisa dilakukan semua elemen,” katanya.

Kilwarany juga berharap dengan Pelatihan Media Online Internet ini, untuk memberikan pemahaman kepada pengguna media sosial khususnya kepada pelajar, dan semua elemen. Diharapkan para pelajar maupun masyarakat ini bisa lebih memahami bagaimana cara pemakaiannya, bagaimana cara membuat status yang baik di media sosial, dan lain sebagainya.

Selain itu menurutnya penggunaan internet sehat diyakini dapat mengantisipasi berita-berita Hoax atau bohong yang sedang marak di media sosial sekarang ini. “Melalui pelatihan ini kita juga memberikan pemahaman-pemahaman seperti apa itu berita Hoax,” ujarnya.

Mengingat perkembangan ITE sekarang ini cukup marak dan berbahaya, namun apabila tidak segera diantisipasi tentunya akan bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.**

Penulis : Baim Rumadaul
Editor : Danda