Anggota DPRD SBT Terpilih Dilantik 26 September 2019

Ahmad Fauzi Saflud Bagian Keuangan Sekretaris Dewan DPRD Kabupaten SBT.**Foto Istimewa

Bula, dprd-serambagiantimur.go.id – Calon legislatif (Caleg) terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) hasil Pileg 2019 dijadwalkan akan dilantik pada Kamis 26 September 2019 mendatang.

Bagian Keuangan Sekretaris Dewan DPRD Kabupaten SBT, Ahmad Fauzi Saflud, saat ditemui media ini di ruang kerjanya, Rabu (04/9/2019) mengatakan, pelantikan menurut jadwal, 25 calon anggota DPRD SBT terpilih periode 2019-2024 berdasarkan hasil konsultasi Sekretariat DPRD Kabupaten SBT bersama Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Maluku terkait persiapan pelantikan anggota DPRD Kabupaten SBT.

“Penetapan jadwal pelantikan merujuk hasil konsultasi kami dari Sekretariat DPRD Kabupaten SBT dengan Setda Provinsi pada beberapa waktu yang lalu,” terang Saflud.

Dikatakan Saflud, Pelaksanaan rapat paripurna istimewa sekaligus pengresmian pengangkatan dan pengucapan sumpah janji anggota DPRD Kabupaten SBT terpilih periode 2019-2024 nantinya akan dilangsungkan pada hari Kamis 26 September 2019 mendatang.

Dalam pelantikan nanti akan dilaksanakan prosesi penyerahan jabatan dari anggota DPRD lama kepada anggota DPRD baru, dan pengucapan sumpah jabatan. Sejauh ini, Saflud mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan persiapan teknis pelantikan.

“Persiapan dimulai dari menyiapan ruangan pelantikan, menyebar undangan sampai menentukan pakaian untuk dikenakan anggota dewan baru,” pungkas Saflud.

Saflud menerangkan, batas akhir masa jabatan anggota DPRD Kabupaten SBT periode 2014-2019 akan berakhir pada 26 September mendatang.

Adapun perolehan kursi partai yang berhasil menghantarkan wakilnya sebagai anggota DPRD Kabupaten SBT yaitu, Partai Golkar 3 kursi, Partai PDI Perjuangan 3 kursi, Partai Keadilan Sejahtera 3 kursi, Partai Gerakan Indonesia Raya sebanyak 3 kursi.

Juga Partai Amanat Nasional 3 kursi, Partai Hati Nurani Rakyat sebanyak 2 kursi, Partai Persatuan Pembangunan 2 kursi, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia 2 kursi, Partai Nasdem 2 kursi, Partai Demokrat 1 kursi, dan Partai Kebangkitan Bangsa 1 kursi.

Untuk diketahui, Adapun nama-nama 25 anggota yang berhasil menduduki kursi DPRD Kabupaten SBT periode 2019-2024 terpilih tersebut terdiri dari tiga daerah pemilihan (dapil). Yakni Dapil I Ismail Rumbalifar, Munawir Kubal, Husin Rumadan, Abdul Azis Yanlua, Ahmad Voth, Abdul Latif Suin, Fadli Salim Elbetan, Wa Muhaya, Syarif Usman.

Dapil II Hasan Day, Agil Rumakat, Moh. Umar Gassam, Abdul Azis Keliandan, Alexander Patty, Fathul Kwairumaratu, dan Samad Rumakabis.

Sementara Dapil III Noaf Rumau, Husean Kelilauw, Abdullah Kelilauw, Halaludin Sagey, Zainudin Noval Rumuar, Costansius Kolatfeka, Abdul Gafar Wara-Wara, Arobi Kelian, dan M.S.A.R Wattimena.

“Kurang lebih 1000 undangan yang akan disiapkan untuk acara pelantikan tersebut yang terdiri dari Gubernur Maluku, Bupati dan Wakil Bupati SBT, Forkopimpada,kepal-kepala OPD lingkungan Pemerintah Kabupaten SBT, Partai Politik, OKP/OKPI, dan keluarga anggota DPRD SBT terpilih serta undangan lainnya,” jelas Saflud.

Dia juga menyampaikan agar tamu undangan yang hadir untuk dapat membawa undangan sebagai akses untuk masuk ke ruang acara.

Acara tersebut juga akan dijaga ketat oleh aparat kepolisian. Selain itu pihaknya juga menyiapkan tim kesehatan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bula.**

Penulis : Baim Rumadaul

Editor : Danda